Tue. Sep 22nd, 2020

2019 Kota Serang Masuk Urutan Ke-3 Keterbukaan Informasi di Banten Versi KI Banten

1 min read

JARRAKPOSBANTEN, SERANG – Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh Komisi Informasi Provinsi Banten, Kota Serang berada di peringkat ke-3 dalam keterbukaan informasi diantara 8 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Banten.

“Kota Serang 2019, peringkat ke 3 dibawah Tangsel dan Kabupaten Tangerang,” ujar KI Banten Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi, Nana Subana usai menghadiri acara Temu Media yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Serang disalah satu rumah makan di Kota Serang, kamis (12/3/2020).

Berbeda dengan penilaian yang dilakukan KI di instansi pemerintahan Provinsi, penilaian di Kabupaten Kota dilakukan dengan melihat PPID utama.

“Kabupten Kota badan publiknya adalah pemerintah Kota tidak per OPD karena dia terpusat di PPID utamnya maka yang muncul itu peringkatnya Kabuptan Kota bukan OPD Kabupaten Kota, beda kalau Provinsi itu penilaianya per OPD,” jelasnya.

Dalam melakuka penilaian, KI memiliki acuan yang telah ditentukan sebagai bahan penilaian terhadap Kabupaten Kota dengan memperhatikan bebrapa indikator.

“Indikator pertama kita kan menyurati standar layanan informasi, dia harus menyediakan informasi berkala setaip saat dan serta merta, yang pasti struktur OPD dan lain sebagainya itu harus tersedia setiap saat di update,” paparnya.

Memasuki tahun 2020 ini, Nana mengatakan pihaknya tengah melakukan pemantauan PPID induk sebagai bahan laporan di akhir tahun

“Sekarang ini 2020 melakukan upaya perbulan kita akan melihat website PPID utamanya akan kita cek terus,” katanya.

Sementara, Kepala Diskominfo Kota Serag, Hary Pamungkas dalam sambutanya meminta kerjasama dengan para media untuk mewujudkan Keterbukaa Informasi Publik di Lingkungan Kota Serang.

“Kami (Pemkot Serang) perlu kerjasama dengan rekan-rekan media untuk mendorong keterbukaan,” pungkasnya.

Oleh : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *