Uncategorized

Pandemi Covid-19 Membuat Stok Darah di PMI Kabupaten Serang Kosong

JARRAKPOSBANTEN, SERANG – sejak ramainya Covid-19 membuat beberapa pendonor darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Serang alami penurunan. Akibatnya stok darah sangat kosong.

Jika biasanya, dalam waktu satu hari ada terdapat sekitar 20 pengunjung untuk mendonorkan darahnya. Kini mengalami penurunan. Hal itu diungkapkan oleh salah satu pegawai PMI Kabupaten Serang, Diki.

“Kalau untuk datang ke kantor sekitar 20 hari biasa. Sekarang sepi pisan paling 5 itu pun jarang,” ujarnya saat dihubungi via whatsapp, Rabu (25/3/2020).

Kelangkaan pendonor terjadi sudah sekitar sejak setengah bulan lalu semenjak ramainya kasus Covid-19 atau Corona yang membuat masyarakat khawatir.

“Ada kali yah dari tanggal 5 maretanmah sudah mulai berkurang pendonornya,” terangnya.

Pendonor darah saat pandemi covid-19 di PMI rata rata hanya untuk kepentingan sanak familinya yang sedang membutuhkan.

“Paling juga yang datang donor itu untuk keperluan kaya misal ada sodara atau keluarga yang sedang butuh darah, kalau yang datang ke kantor untuk donor darah dan diberikan ke PMI itu jarang,” ucapnya.

Bagi masyarakat yang membutuhkan darah, Diki menyarankan untuk membawa orang yang siap dilakukan pendonoran.

“Jadi kalau ada masyarakat yang butuh darah, sekarang harus bawa orang untuk diambil darahnya dan kita berikan lagi ke mereka, soalnya stok sedang kosong,” imbuhnya.

Dirinya juga meminta agar masyarakat untuk tidak takut mendonorkan darahnya yang akan diperuntukan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“kami mohon bantuan sekiranya yang ingin donor darah dapat langsung ke gedung unit donor darah PMI Kabupaten Serang Jl.Salem Baimin No.06 Cimuncang serang,” tungkasnya.



Oleh : Redaksi

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close