Tue. Jan 26th, 2021

HUT Lebak ke 192, Pengamat Sarankan Iti-Ade Perbaiki Akses Dasar

1 min read

Lebak – Pengamat Politik dari USPolitica Uday Suhada menanggapi tentang momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke 192 Kabupaten Lebak. Kata Uday, seharusnya Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi bisa fokus memperbaiki akses kebutuhan dasar masyarakat.

“Agar lebih mendapat aspirasi masyarakat Lebak, seharusnya diakhir kepemimpinan Iti-Ade bisa focus perbaiki ppelayanan dasar masyarakat, seperti kesehatan, pendidikan dan infrastruktur jalan.”ucap Uday kepada, awak media, Selasa 2 Desember 2020.

Lanjut Uday, sebelumnya juga Lebak telah mendapatkan sorotan dari Ombudsman Banten terkait tiga (3) akses tersebut. Kata Uday, pihaknya meyarankan agar Iti-Ade bisa menjalankan rekomendasi yang pernah diberikan Ombudsman Banten. Sehingga, mereka mendapatkan apresiasi dari masyarakat Lebak.

“Saran saya, jalankan saja rekomendasi dari Ombudsman agar memperbaiki Pelayanan Kesejatan, Pendidikan dan Infrastruktur.”jelas Uday singkat.

Sebelumnya, di media online Tagar.id yang menulis tentang Ombudsman Banten memberikan rekomendasi agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak memperbaiki akses pelayanan dasar seperti Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur pada 9 Juli 2020.

“Hasil observasi di lapangan, ditemukan bahwa masih ada masyarakat di beberapa wilayah Lebak kesulitan mengakses pelayanan dasar publik, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.”kata Ketua Ombudsman Banten, Dedy Irsan, Kamis 9 Juli 2020.

Saat itu, Dedy bersama tim melakukan penelitian dengan metode kualitatif dan mengumpulkan data-data di lapangan, baik itu lewat studi pustaka, pengamatan, observasi, wawancara yang mendalam dan FGD.

“Kondisi jalan masih rusak parah, sama halnya dengan pelayanan kesehatan yang ada di satu Puskesmas, sementara Desa-desa ada, tapi tak semua beroperasi karena tak ada tenaga kesehatan.”ucap pria berjenggot saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *