Fri. Feb 26th, 2021

Ketua DPRD Banten Cek Ketersediaan Beras di Bulog Lebak-Pandeglang

2 min read

Lebak – Ketua II Komisi DPRD Banten, Muhsinin melakukan pemantau langsung ketersediaan stok beras yang ada di Bulog Lebak-Pandeglang.

Menurut Ahmad, pemantauan yang dilakukanya bertujuan untuk mengantisipasi menurunya stok beras di masyarakat Banten, khusnya Lebak dan Pandeglang menjelang panen raya.

“Tadi sudah di cek ke lapangan bersama Kepala Bulog Lebak-Pandeglang, stoknya untuk tiga bulan ke depan.”kata Ketua Komisi II DPRD Banten, Muhsinin kepada awak media, (25/1)

Di tempat yang bersamaan, Kepala Divisi Regional Perum Bulog Lebak-Pandeglang Meita Novariani menyampaikan stok beras untuk kabupaten Lebak-Pandeglang diperkirakan mencukupi hingga tiga bulan ke depan.

“Kita pastikan aman, persediaan gabah hingga sampai saat ini sekitar 4700 ton dan mencukupi hingga tiga bulan ke depan untuk di dua kabupaten,” jelas Metha.

Metha menyebut untuk mengantisipasi menurunnya stok beras di Bulog, pihaknya akan terus menyerap hasil panen petani di Lebak dan Pandeglang.

“Meski hingga saat ini stok dan penyediaan beras masih lancar khususnya di kabupaten Pandeglang, kita berharap potensi untuk terus penyerap hasil panen dari petani bisa dilakukan dengan baik,” ucapnya.

Perum Bulog hingga kini terus mengoptimalkan penyerapan gabah dan beras petani untuk dijadikan cadangan beras pemerintah (CBP) dan program banson akibat dampak COVID-19.

Penyerapan gabah dan beras petani juga melibatkan pihak kemitraan untuk membangun klaster ekonomi masyarakat.

“Kami melakukan penyerapan beras dan gabah itu dari berbagai sentra lumbung pangan di Lebak dan Pandeglang.

Untuk saat ini, kata dia Bulog masih memanfaatkan beras dalam negeri. Selain itu, kata Metha, Bulog juga menyediakan stok gula, daging sapi, daging kerbau dan minyak goreng.

“Dan kita yakinkan bahwa bulan Februari atau Maret akan panen lagi dan bisa kita serap lagi.”ucap Metha.

Sebab, stok beras saat ini telah di salurkan melalui bantuan sosial saat pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *